Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 13, 2023

KEGIATAN SOSIALISASI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SDN PADELEGAN 1 OLEH ANGGOTA KKNT 48 UTM

Pamekasan,  www.padelega n.datadesa.com,  Jumat (13/01/2023) KKN-T 48 melakukan kegiatan sosialisasi kebersihan dengan tema "Pentingnya Menjaga Kebersihan Guna Meningkatkan Kesadaran terhadap Lingkungan Sejak Dini". Kegiatan tersebut dimulai tepat pukul 08.00-11.00 WIB bertempat di SDN Padelegan 1 Desa Padelegan Kec. Pademawu Kab. Pamekasan. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh murid kelas 4 dan 5 serta perwakilan dari Bapak/Ibu guru SDN Padelegan 1 dengan pemateri dari anggota KKN-T 48. Kegiatan sosialisasi dibuat semenarik mungkin karena sasaran dari sosialisasi itu sendiri adalah anak-anak sekolah dasar. Ditengah-tengah sosialisasi kita juga mengadakan ice breaking untuk mencairkan suasana, ice breaking diisi dengan yel-yel, berhitung, beberapa games dan juga menyiapkan beberapa hadiah untuk siswa-siswi yang aktif untuk bertanya. Yang disampaikan oleh pemateri dalam sosialisasi diantaranya cara menjaga lingkungan sekitar dan lingkungan rumah, membedakan sampah organik dan sam

MENGAJAR MEMBUAT APLIKASI GAME SEDERHANA DI SDN PADELEGAN 1

Pamekasan, www.padelegan.datadesa.com, Kamis (12/01/2023) KKN-T 48 melakukan kegiatan mengajar menyusun algoritma pemrograman menggunakan aplikasi Scratch online dengan metode drag & drop yang dikhususkan siswa siswi kelas 5 SDN Padelegan 1. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-12.00 WIB bertempat di Lab Komputer SDN Padelegan 1. Scratch adalah salah satu aplikasi pemrograman komputer yang di desain khusus untuk anak usia 8 sampai 16 tahun. Scratch dirancang untuk bermain, belajar sendiri, dan animasi. Scratch menggunakan grafik untuk melatih logika pemrograman kepada anak. Kegiatan ini mengenalkan dan menjelaskan algoritma pemrograman pada usia anak tingkat dasar dengan bantuan aplikasi Scratch. Materi yang diberikan diantaranya, menjelaskan materi logika dan algoritma berbantuan komputer, menyiapkan dan mengoperasikan perangkat lunak Scratch dan menerapkan logika dan algoritma pada aplikasi Scratch. Kegiatan ini disambut baik oleh siswa siswi kelas 5 SD Negeri Padelegan 1 seper