Pamekasan, www.padelegan.datadesa.com, Kamis (12/01/2023) KKN-T 48 melakukan kegiatan mengajar menyusun algoritma pemrograman menggunakan aplikasi Scratch online dengan metode drag & drop yang dikhususkan siswa siswi kelas 5 SDN Padelegan 1. Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00-12.00 WIB bertempat di Lab Komputer SDN Padelegan 1.
Scratch adalah salah satu aplikasi pemrograman komputer yang di desain khusus untuk anak usia 8 sampai 16 tahun. Scratch dirancang untuk bermain, belajar sendiri, dan animasi. Scratch menggunakan grafik untuk melatih logika pemrograman kepada anak. Kegiatan ini mengenalkan dan menjelaskan algoritma pemrograman pada usia anak tingkat dasar dengan bantuan aplikasi Scratch.
Materi yang diberikan diantaranya, menjelaskan materi logika dan algoritma berbantuan komputer, menyiapkan dan mengoperasikan perangkat lunak Scratch dan menerapkan logika dan algoritma pada aplikasi Scratch.
Kegiatan
ini disambut baik oleh siswa siswi kelas 5 SD Negeri
Padelegan 1 seperti yang diungkapkan oleh Fikri disaat memberikan
kesannya yang merasa pada kegiatan ini dia mendapatkan pengalaman baru yang
seru. Selain daripada Fikri siswa lain mengungkapkan "kegiatan ini sangat
seru, dan aku ingin belajar lebih lagi untuk ngebuat game yang keren" ucap
Putri.
Pada akhirnya kegiatan mengajar menyusun algoritma pemrograman pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Game Sederhana Menggunakan Aplikasi Scratch online dengan metode drag & drop telah selesai dan memberikan kesan yang baru terutama bagi siswa di SD Negeri Padelegan 1. Harapannya dari diadakannya kegiatan ini siswa akan mengenal pembuatan game secara mendasar dan nantinya siswa dapat mengimplementasikannya lebih jauh lagi.
Komentar
Posting Komentar